Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan ada perubahan pola berkendara pemudik berdasarkan pantauan di empat gerbang tol utama keluar Jakarta, yaitu kini banyak dilakukan malam hari.

“Dari apa yang kita lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong,” kata Budi di keterangan resminya, Selasa (9/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi pada Senin (8/4) meninjau operasional arus mudik di gerbang tol Cikampek Utama (Cikatama) bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Mereka melakukan evaluasi arus mudik di empat gerbang tol keluar Jakarta, yaitu Cikatama, Kalitama, Ciawi dan Cikupa.

Listyo mengatakan manajemen arus mudik di empat gerbang tol itu berjalan baik, mulai dari KM 50 hingga KM 414 Kalikangkung.

Menurut dia kecepatan berkendara pemudik pada tahun ini lebih cepat sehingga waktu tempuh juga berkurang.

“Terjadi peningkatan kecepatan untuk pencapaian mulai dari start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya 8 jam kalau ini menjadi 6,7 jam,” ujar dia.

Pengemudi diimbau tak memaksakan diri berkendara terlalu lama dan menjaga kondisi badan tetap prima. Jika sudah kelelahan disarankan istirahat di rest area yang sudah dipersiapkan.

“Jika memang kelelahan, harus beristirahat di rest area yang telah disediakan,” kata Budi.

(fea)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *