Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengungkapkan mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi telah mendaftarkan diri untuk diusung sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Sumatera Utara dalam Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam acara ‘Ta’aruf Politik’ Calon Kepala Daerah di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jakarta Barat, pada Rabu (1/5) malam. Edy Rahmayadi turut hadir dalam acara tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Salah satu nama yang muncul ada inkumben, ada dari berbagai partai yang mendaftar bergabung. Kalau tokoh yang paling terkenal ada Eddy Rahmayadi,” ungkap Cak Imin.

Meski Edy menjabat sebagai Gubernur dalam periode 2018-2023, ia dipastikan wajib mengikuti uji kepatutan dan kelayakan terlebih dahulu, sama seperti bakal calon kepala daerah lain yang turut mendaftar ke PKB.

Ia mengatakan semua orang yang mendaftar tidak serta-merta langsung mendapatkan tiket dukungan dari PKB. Cak Imin juga memastikan baik kader ataupun non kader dari PKB akan mendapatkan perlakuan yang sama.

[Gambas:Video CNN]

“Masih penjaringan. Nanti ada fit and proper test, masih ada perdebatan survei pendampingan,” jelasnya.

“Kader atau tidak kader sama. Tiga kriteria, elektabilitas, kapasitas, visi. Kader sekalipun kalau enggak masuk tiga kriteria itu tercoreng,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan pihaknya juga bakal memastikan calon kepala daerah yang diusung akan membawa visi-misi yang diusung PKB, khususnya terhadap strategi pembangunan daerah.

“Kami ingin mendorong desentralisasi, karena sama ini 10 tahun terakhir terlampau sentralisasi. Sehingga PKB ingin para calon kepala daerah ini betul-betul siap menjadi pimpinan otonom daerah,” tuturnya.

Terpisah, Edy Rahmayadi mengaku merasa terhormat bisa diundang untuk menghadiri acara Ta’aruf Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) PKB seluruh Indonesia Zona Sumatera I pada Rabu (1/5).

“Suatu kehormatan bagi saya, hari ini memenuhi undangan dari Ketua Umum PKB @cakiminow untuk menghadiri acara Ta’aruf Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) PKB Seluruh Indonesia Zona Sumatera I,” kata Edy Rahmayadi di akun Instagram resminya.

Eks Pangkostrad tersebut mengaku hadir di acara tersebut sebagai Bacagub dari Sumatera Utara bersama dengan 135 bakal calon kepala daerah lainnya dari seluruh Indonesia.

“Saya di sini hadir sebagai Bacagub dari Sumatera Utara. Dalam kesempatan ini, kita semua optimis untuk bersama-sama berjuang dalam memajukan daerah masing-masing, termasuk di Sumatera Utara,” ucapnya.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi sudah mengambil formulir pendaftaran maju Pilgub Sumut 2024 dari lima partai politik yakni PDIP, PKS, PKB, Demokrat dan NasDem. Selain PDIP, empat partai lainnya adalah pengusung dan pendukungnya dalam Pilgub Sumut 2018.

Edy berharap mendapatkan dukungan dari partai politik tersebut supaya diusung maju sebagai bakal calon Gubernur Sumut dalam Pilkada 2024.

Dalam Pilpres 2024, Edy Rahmayadi menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) yang diusung Partai NasDem, PKB, dan PKS.

(fnr/chri)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *