Jakarta, CNN Indonesia

Aparatur sipil negara (ASN) bisa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) saat arus balik Lebaran Idulfitri tahun ini. Penerapan WFH itu dilakukan pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan keleluasaan itu bukan untuk semua ASN.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemerintah juga menerapkan bekerja dari kantor atau work from office (WFO) Pemerintah tetap mengutamakan kinerja organisasi dan kualitas pelayanan publik.

“Instansi yang berkaitan administrasi pemerintahan dan dukungan pimpinan bisa WFH maksimal/paling banyak 50 persen. Artinya bisa 40 persen, 30 persen, dan sebagainya,” kata Anas dalam keterangannya dikutip Antara, Sabtu (13/4).

Instansi-instansi yang bisa menerapkan WFH saat arus balik Lebaran adalah bagian kesekretariatan, keprotokolan, perumusan kebijakan, penelitian, dan analisis.

Sementara itu, sebagian instansi tetap harus bekerja di kantor 100 persen. Beberapa instansi yang wajib masuk penuh di kantor adalah kesehatan, keamanan dan ketertiban, penanganan bencana, energi, logistik, pos, transportasi dan distribusi, obyek vital nasional, proyek strategis nasional, konstruksi, dan utilitas dasar.

“Untuk pelayanan yang langsung ke publik, akan tetap berjalan optimal sesuai arahan Presiden Jokowi yang menginginkan kinerja pelayanan publik selalu ekselen dalam segala situasi,” ujar Anas.

Sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan mudik dalam rangka Lebaran Idulfitri 2024. Jumlah pemudik diperkirakan 190 juta orang.

Arus balik akan segera dimulai karena cuti bersama akan berakhir pada Senin (15/4). Puncak arus balik diperkirakan terjadi mulai esok hari.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *